Ahmad Masykur

Share your knowledge although one function!

About the author

Ahmad Masykur is a Software Architecture Engineer at PT. Freeport Indonesia Jakarta Indonesia.
In this blog, I share things of interest to me. Most topics are likely to be related to software development, but don't hold me to it.

Certificates



Awards


Powered by

Widget Prayer Time not found.

There is an error in XML document (4, 16278).X

Page List

Validators


Ahmad Masykur

Test Telkomsel Flash HSDPA

Malam ini saya coba Telkomsel Flash timebased. Cukup kenceng untuk ukuran wireless access.

Berikut hasil test dari situs telkomsel.

image

Dari hasil test, saya mendapatkan 103.6kbpx dengan modem Sierra Wireless AirCard 875U. Lumayan lah, tidak lambat-lambat amat.

Minggu depan Insya Allah saya akan coba paket unlimited Telkomsel Flash dan mencoba membandingkan kecepatan keduanya.


Permalink | Comments (15) | Post RSSRSS comment feed

Menambahkan Daftar Assembly Supaya Tampil di Dialog Add References Visual Studio

GACUTIL merupakan sebuah tool untuk mendaftarkan assembly ke Global Assembly Cache (GAC). Untuk mendaftarkannya ketik gacutil /i <nama file dll> seperti pada gambar berikut.

image

Dengan menambahkan assembly ke dalam GAC, dll tersebut dapat diakses oleh seluruh aplikasi yang ada dalam satu mesin. Jadi tidak perlu menyalin ke semua folder aplikasi yang dibuat.

Ada sedikit permasalahan ketika membuat aplikasi dengan reference ke GAC, dengan menggunakan GACUTIL assembly yang didaftarkan tidak otomatis muncul ke dalam dialog Add Reference Visual Studio seperti terlihat pada gambar berikut.

image

Berdasarkan informasi dari Mario -- teman satu kantor -- bahwa untuk memunculkan assembly yang didaftarkan di GAC di dialog Add Reference Visual Studio perlu menambahkan registry key. Buka registry editor dan tambahkan key di dalam HKLM\Software\Microsoft\.NETFramework\AssemblyFolders\ dengan nama sesuai dengan nama Assembly dengan value path assembly yang bersangkutan.

Contoh: Untuk menambahkan sebuah 3rd party library Kamoro.Library.ServerControlsLibrary, tambahkan key di dalam HKLM\Software\Microsoft\.NETFramework\AssemblyFolders\

Name: Kamoro Server Controls Library

Value: C:\Program Files\Kamoro\Controls\

image

Setelah key ditambahkan, restart Visual Studio dan assembly yang baru didaftarkan dapat dilihat di daftar assembly pada dialog Add Reference Visual Studio seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

image 

Semoga bermanfaat.


Permalink | Comments (2) | Post RSSRSS comment feed

JavaScript IntelliSense pada Visual Studio 2008

Pada Visual Studio 2008, JavaScript IntelliSense merupakan salah satu fitur menarik yang cukup membantu programmer dalam membuat aplikas dengan JavaScript. Yang menarik adalah JavaScript intellisense tidak hanya berlaku untuk objek yang berada dalam satu file. Objek JavaScript yang berada di embedded resource juga dapat ditampilkan intellisense-nya.

Untuk dapat menampilkan IntelliSense javascript di resource file, gunakan cara khusus seperti pada gambar di bawah.

image

Tanda /// <reference name="MicrosoftAjax.js"/> menunjukkan bahwa JavaScript yang berada di embedded resource dengan kunci MicrosoftAjax.js akan ditampilkan dalam intellisense. Secara lengkap syntax untuk menambahkan IntelliSense pada embeded resource adalah sebagai berkut.

/// <reference name="resource-name" />
/// <reference name="resource-name" assembly="assembly-name" />

Assembly name dapat tidak ditulis (optional) sehingga pada contoh sebelumnya cukup menulis nama resource tanpa menulis assembly-nya.

Untuk file yang tidak berada dalam resouece file dapat dimunculkan dalam intellisense dengan menambahkan tanda /// <reference path="Scripts/Common.js"/> seperti pada gambar di bawah.

image

Dengan fitur IntelliSense ini, kita semakin mudah dalam menulis kode javascript.

Semoga bermanfaat


Permalink | Comments (1) | Post RSSRSS comment feed